Selasa, 15 Oktober 2019

TANGKUBAN PERAHU MENJADI TEMPAT WISATA TERPOPULER DAN BERSEJARAH

   Wisata Tangkuban Perahu menjadi tempat liburan terpopuler di Provinsi Jawa Barat. Popularitas tempat wisata ini tidak hanya berada di kalangan wisatawan domestik.
  Tak jarang, para wisatawan mancanegara menghabiskan waktunya untuk menyaksikan keindahan tempat yang juga disebut dengan nama Gunung Tangkuban Parahu ini.
Jadi, jangan heran kalau tempat ini menjadi identitas utama wisata Jawa Barat.
Gunung yang memiliki ketinggian mencapai 2.084 meter di atas permukaan laut (mdpl) dikenal mempunyai sebanyak 9 kawah.
  Sembilan kawah tersebut adalah Kawah Upa, Kawah Ratu, Kawah Domas, Kawah Ecoma, Kawah Jurig, Kawah Lanang, Kawah Baru, Kawah Jarian, serta Kawah Pangguyangan Badak.
Hanya saja, tidak semua kawah tersebut bisa dikunjungi, hanya Kawah Domas, Kawah Ratu, serta Kawah Upas yang boleh didatangi.

Legenda Gunung Tangkuban Perahu

PEMANDANGAN GUNUG TANGKUBAN PERAHU DARI ATAS


Tidak hanya memiliki pemandangan memukau, tempat ini juga punya cerita rakyat yang menarik.
Cerita tersebut mengisahkan antara seorang pemuda bernama Sangkuriang yang jatuh cinta kepada ibunya, Dayang Sumbi.
Anak dan ibu kandung ini harus menjalani hidup secara terpisah karena terlibat sebuah pertengkaran saat Sangkuriang masih kecil.
Sangkuriang memilih pergi dari rumah dan menjadi seorang pengembara. Melihat kepergian anaknya, Dayang Sumbi menyesal.
Dia pun bertapa dan berdoa kepada para dewa. Melihat kesungguhan Dayang Sumbi, dewa pun memberikan kelebihan berupa kecantikan abadi.
Selang beberapa tahun, Sangkuriang kembali ke tempat kelahirannya. Di situ, dia pun bertemu dengan Dayang Sumbi yang masih berwajah cantik jelita.
Melihat kecantikannya tersebut, Sangkuriang ingin menikahi Dayang Sumbi. Namun, permintaan itu ditolak Dayang Sumbi, terutama setelah mengetahui kalau Sangkuriang adalah anak kandungnya.
Sebagai upaya menggagalkan niatan menikah Sangkuriang, Dayang Sumbi memberikan syarat yang berat.
Dia meminta Sangkuriang untuk membuat perahu serta telaga dalam waktu satu malam. Pada akhirnya, Sangkuriang gagal dan marah.
Dia pun menendang perahu yang dibuatnya hingga akhirnya perahu tersebut menjadi cikal bakal terbentuknya Tangkuban Perahu.
Daya Tarik Gunug Tanfkuban Perahu
Saat berkunjung ke Tangkuban Perahu, wisatawan bisa menjumpai beberapa lokasi menarik. Ada 4 lokasi yang kerap dikunjungi para wisatawan selagi datang ke tempat wisata populer ini, yaitu:
  • Kawah Ratu
Kawah Ratu menjadi destinasi utama para wisatawan yang datang ke Tangkuban Perahu. Kawah ini memiliki ukuran yang lebih besar dibandingkan dengan Kawah Upas ataupun Domas.
Menariknya, para pengunjung bisa secara langsung berdiri dan menyaksikan pemandangan dari pinggir kawah.
Fasilitas yang bisa ditemukan sekitar Kawah Ratu juga cukup lengkap. Di tempat ini, wisatawan bisa menjumpai keberadaan warung yang menjual oleh-oleh ataupun makanan. Akses jalan menuju ke kawah juga sangat mudah.
  • Kawah Upas
Berbeda dengan Kawah Ratu, Kawah Upas hanya bisa disaksikan dari kejauhan. Lokasi kawah ini berada di atas Kawah Ratu.
Pihak pengelola Wisata Tangkuban Perahu sengaja menutup akses jalan ke sini karena dianggap membahayakan ara wisatawan.
  • Kawah Domas
Kawah Domas menjadi kawah berikutnya yang bisa dikunjungi wisatawan di Tangkuban Perahu.
Hanya saja, kawah ini berjarak cukup jauh dengan medan cukup berat. Untuk menuju ke sini, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 1 km dengan medan yang terjal.
Tidak hanya itu, wisatawan yang berniat ke Kawah Domas juga diharuskan untuk menggunakan jasa pemandu.
Biaya sewa jasa pemandu menuju ke Kawah Domas pun cukup mahal, berkisar antara Rp100 ribu hingga Rp200 ribu. Oleh karena itu, tempat ini banyak dilewatkan oleh para wisatawan.
  • Cikahuripan
Jalan Menuju Goa Cikahuripan Tangkuban Perahu
Pilihan tempat berikutnya yang bisa dikunjungi di Tangkuban Perahu adalah Cikahuripan. Di sini, wisatawan dapat menemukan sumber air yang menurut kepercayaan warga sekitar memiliki khasiat tertentu.
Demikian tempat-tempat wisata tangkuban perahu yang telah saya beri tahu,semoga bisa menambah pengetahuan anda.
TERIMA KASIH

0 komentar

Posting Komentar

Samudra Awan, Daya Tarik Wisata Bukit Suligi di Rokan Hulu Fenomena alam itu terdapat di Bukit Suligi, Kabupaten Rokan Hulu, Riau. Keunik...